Jumat, 05 Juli 2013

MINGGU 11


MODEL ASSURE

ASSURE adalah model perencanaan pembelajaran yang dapat membantu guru untuk mempersiapkan, mengidentifikasi kebutuhan murid, menentukan tujuan, memilih metode dan materi, serta cara mengevaluasinya. ASSURE merupakan cara guru menyiapkan materi atau membuat media untuk kemudahan murid menerima materi yang diberikan oleh guru
Tahapan tersebut menurut Smaldino merupakan penjabaran dari ASSURE Model, adalah sebagai berikut:
1.ANALYSIS LEARNER
Tujuan utama dalam menganalisa termasuk pendidik dapat menemui kebutuhan belajar siswa sehingga mereka mampu mendapatkan tingkatan pengetahuan dalam pembelajaran secara maksimal. Analisis pembelajar meliputi tiga faktor kunci dari diri pembelajar yang meliputi:General CharacteristicsSpecific Entry Competencies, dan Learning Style
2.STATE OBJECTIVE
Tahap selanjutnya dalam ASSURE model adalah merumuskan tujuan belajar. Dengan demikian diharapkan peserta didik dapat memperoleh suatu kemampuan dan kompetensi tertentu dari pembelajaran. Dalam merumuskan tujuan dan standar pembelajaran perlu memperhatikan dasar dari strategi, media dan pemilihan media yang tepat..
3.SELECT MEDIA AND MATERIALS
Pemilihan strategi pembelajarn disesuaikan dengan standar dan tujuan pembelajaran. Selain itu juga memperhatikan gaya belajar dan motivasi siswa yang nantinya dapat mendukung pembelajaran
4.UTILIZE MEDIA AND MATERIAL
Dalam menggunakan media pembelajaran sebaiknya kita mengecek bahan, menyiapkan bahan, member materi kepada guru dikelas agar di lihat apakah media tersebut membantu siswa atau malah sebaliknya.

5.REQUIRE LEARNER PARCIPATION
Dalam sebuah proses belajar mengajar dikelas diharapkan siswa berpartisipasi dalam saat pembelajar berlangsung. sehingga kita diharapkan bisa menyampaikan materi yang dapat merangsang siswa untuk berbicara atau berpartisipasi didalam kelas tidak hanya pasif di dalam kelas.

6.EVALUATE AND REVISE

Evaluasi adalah salah satu hal yang sangat penting di dalam proses belajar mengajar karena tanpa adanya evaluasi bagaimana kita bias tahu kekurangan materi/media yang kita ajarkan kepada peserta didik, dan setelah di evaluasi kita merevisi kekurangan materi/media yang kita buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar