Rabu, 03 Juli 2013

MINGGU 5

MENENTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG TEPAT
Dalam proses kegiatan belajar mengajar guru dituntut tidak hanya dapat menggunakan media pembelajaran yang sudah tersedia saja, melainkan juga dituntut untuk dapat mengembangkan media dari berbagai bahan dan alat, banyak media yang dapat dikembangkan sesuai dengan tingkat keterampilan dan kreativitas guru. Tujuan dari penggunaan dan pengembangan media adalah agar dapat menyampaikan pesan kepada perserta didik dapat lebih efektif dan efisien. Untuk menggunakan dan mengembangkan media pembelajaran guru harus memperhatikan beberapa landasan dan prinsip media.
Pada perkuliahan minggu ini kita diminta untuk berdiskusi dengan kelompok lain.Kita mendengarkan bagaimana kelompok lain tentang hasil observasi yang dilakukan pada sekolah yang mereka tuju tersebut demikian juga dengan kelompok kami yang sharing hasil observasi kepada kelompok lain. Setelah kita tahu penjelasan dari kelompok tersebut kemudian kelompok yang lainnya memberiksan saran apakah media yang yang pantas digunakan dalam sekolah tersebut. Dari kelompok teman sharing kami adalah memberikan penjelasan atau informasi bahwa  sekolah yang mereka tuju itu ada beberapa kelas yang dipasangi untuk pembelajaran dikelas  kemudian dari kelompok kami memberikan saran supaya media yang pantas digunakan dalam sekolah tersebuta adalah Powerpoint dan video dan gambar karena menurut mereka bahwa kebanyakan dari guru sekolah tersebut menggunakan laptop tapi nmasih banyak yang belum bisa memanfaatkan laptop tersebut.
Nah, dari hasil sharing tersebut kami mengambil kesimpulan untuk media pembelajarannya menggunakan powerpoint karena di sekolah dimana tempat kelompok kami observasi terdapat 4 ruangan yang menggunakan LCD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar