PRESENTASI MEDIA DI KELAS
DAN UJI COBA MEDIA DISEKOLAH
Pada
pertemuan ke-7 dosen meminta semua anggota kelompok untuk mempersentasikan
media pembelajarannya yang telah dibuat sejauh hari sebelumnya. Dan dari setiap
kelompok di dampingi kelompok lain sebagai moderatornya. Dari
hasil presentasi tersebut kemudian dosen memberikan tanggapan mengenai hasil
media pembelajarannya tersebut. Dari hasil media yang menggunakan power poin
tersebut ternyata sebagian yang masih kurang
dan sebagian juga sudah mendekati kelngkapan dari sebuah media
pembelajaran sebagai contoh media pembelajaran kelompok kami bahwa sudah
dilengkapai dengan evaluation.
Untuk itu
bapaknya meminta semua kelompok untuk memperbaiki media pembelajarannya karena
masih kurang dalam evaluationnya. Setelah itu kemudian kami revisi
media pembelajaran kami datang lagi ke smp n 9 yogyakrta untuk menemui bapak
Widig Cahyono. Tujuan kami adalah untuk mencoba media pembelajaran kami yang
kami buat. apakah media pembelajaran kami membantu siswa dalam memahami materi
atau tidak? apakah media yang kami buat menarik perhatian siswa dalam belajar
di kelas?
Ternyata
siswa smp antusias dengan media yang kami buat. mereka juga senang dengan media
ini, karena berbeda dengan biasanya soalnya biasanya hanya textbook saja. Namun
ada kelemahan jika seorang guru mengajar dengan menggunakan media pembelajaran
yaitu siswa banyak yang tidak aktif karena mereka hanya mendengar dan melihat
saja media. sedangkan jika mengajar menggunakan textbook mereka lebih aktif
bertanya-tanya kepada gurunya. namun jika mengajar nya hanya menggunakan
textbook siswa banyak juga yang bosan. menurut saya akan lebih baik jika
mengajar menggunakan media dan kadang-kadang juga tanpa media pembelajaran,
agar lebih bervariasi. tapi guru lah yang lebih tau bagaimana cara belajar anak
didik nya. sehingga guru lah yang lebih tau bagaimana tujuan belajar
mereka bisa tercapai. bagaimana anak didik nya bisa menerima materi yang ia
sampaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar