Rabu, 03 Juli 2013

MINGGU 7



PRESENTASI MEDIA DI KELAS DAN UJI COBA MEDIA DISEKOLAH

Pada pertemuan ke-7 dosen meminta semua anggota kelompok untuk mempersentasikan media pembelajarannya yang telah dibuat sejauh hari sebelumnya. Dan dari setiap kelompok di dampingi kelompok lain sebagai moderatornya. Dari hasil presentasi tersebut kemudian dosen memberikan tanggapan mengenai hasil media pembelajarannya tersebut. Dari hasil media yang menggunakan power poin tersebut ternyata sebagian yang masih kurang  dan sebagian juga sudah mendekati kelngkapan dari sebuah media pembelajaran sebagai contoh media pembelajaran kelompok kami bahwa sudah dilengkapai dengan evaluation.
Untuk itu bapaknya meminta semua kelompok untuk memperbaiki media pembelajarannya karena masih kurang dalam evaluationnya. Setelah itu kemudian kami revisi media pembelajaran kami datang lagi ke smp n 9 yogyakrta untuk menemui bapak Widig Cahyono. Tujuan kami adalah untuk mencoba media pembelajaran kami yang kami buat. apakah media pembelajaran kami membantu siswa dalam memahami materi atau tidak? apakah media yang kami buat menarik perhatian siswa dalam belajar di kelas?

Ternyata siswa smp antusias dengan media yang kami buat. mereka juga senang dengan media ini, karena berbeda dengan biasanya soalnya biasanya hanya textbook saja. Namun ada kelemahan jika seorang guru mengajar dengan menggunakan media pembelajaran yaitu siswa banyak yang tidak aktif karena mereka hanya mendengar dan melihat saja media. sedangkan jika mengajar menggunakan textbook mereka lebih aktif bertanya-tanya kepada gurunya. namun jika mengajar nya hanya menggunakan textbook siswa banyak juga yang bosan. menurut saya akan lebih baik jika mengajar menggunakan media dan kadang-kadang juga tanpa media pembelajaran, agar lebih bervariasi. tapi guru lah yang lebih tau bagaimana cara belajar anak didik nya. sehingga guru lah yang  lebih tau bagaimana tujuan belajar mereka bisa tercapai. bagaimana anak didik nya bisa menerima materi yang ia sampaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar