PEMBAGIAN KELOMPOK UNTUK
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Pemanfaatan
media pembelajaran yang relevan dalam kelas dapat mengoptimalkan proses
pembelajaran. Bagi guru, media membantu mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membantu
memotivasi peserta belajar aktif. Bagi siswa, media dapat menjadi jembatan
untuk berpikir kritis dan berbuat. Dengan demikian media dapat membantu tugas
guru dan siswa mencapai kompetensi dasar yang ditentukan. Agar media
pembelajaran dapat dimanfaatkan dengan baik, guru perlu mengetahui kebutuhan
pembelajarannya dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa tentang
materi yang akan diajarkan. Terkait dengan itu, media perlu dikembangkan
berdasarkan relevansi, kompetensi dasar, materi dan karakteristik siswa. Guru
dapat berperan sebagai kreator yaitu menciptakan dan memanfaatkan media yang
tepat, efisen, dan menyenangkan bagi siswa. Namun dalam pemanfaatannya di
kelas, perlu ditekankan bahwa siswalah yang seharusnya memanfaatkan media
pembelajaran tersebut.
Pembagian kelompok untuk
membuat media pembelajaran untuk sekolah karena proses belajar pembelajaran
sangat bergantung pada teknologi untuk mempermudah pengajar dalam mentransfer
ilmu kepada muridnya Dari hasil pembagian kelompok tersebut kemudian dosen
meminta kita untuk menyerahkan nama kelompok, sekolah yang dituju beserta
materi apa yang akan diambil untuk pembuatan media pembelajaran. Kelompok kami
mengambil mengambil materi recount text untuk siswa kelas 8 dan sekolah yang dituju adalah SMPN 9
yogykarta yang berelokasi tidak jauh dengan kampus Cokrominoto kota gede.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar