Senin, 01 Juli 2013

MINGGU 2


PEMBAGIAN KELOMPOK UNTUK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
       Pemanfaatan media pembelajaran yang relevan dalam kelas dapat mengoptimalkan proses pembelajaran. Bagi guru, media membantu mengkonkritkan konsep atau gagasan dan membantu memotivasi peserta belajar aktif. Bagi siswa, media dapat menjadi jembatan untuk berpikir kritis dan berbuat. Dengan demikian media dapat membantu tugas guru dan siswa mencapai kompetensi dasar yang ditentukan. Agar media pembelajaran dapat dimanfaatkan dengan baik, guru perlu mengetahui kebutuhan pembelajarannya dan permasalahan-permasalahan yang dihadapi siswa tentang materi yang akan diajarkan. Terkait dengan itu, media perlu dikembangkan berdasarkan relevansi, kompetensi dasar, materi dan karakteristik siswa. Guru dapat berperan sebagai kreator yaitu menciptakan dan memanfaatkan media yang tepat, efisen, dan menyenangkan bagi siswa. Namun dalam pemanfaatannya di kelas, perlu ditekankan bahwa siswalah yang seharusnya memanfaatkan media pembelajaran tersebut.
      Pembagian kelompok untuk membuat media pembelajaran untuk sekolah karena proses belajar pembelajaran sangat bergantung pada teknologi untuk mempermudah pengajar dalam mentransfer ilmu kepada muridnya Dari hasil pembagian kelompok tersebut kemudian dosen meminta kita untuk menyerahkan nama kelompok, sekolah yang dituju beserta materi apa yang akan diambil untuk pembuatan media pembelajaran. Kelompok kami mengambil mengambil materi recount text untuk siswa kelas 8  dan sekolah yang dituju adalah SMPN 9 yogykarta yang berelokasi tidak jauh dengan kampus Cokrominoto kota gede.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar